a part of my life,.

a part of my life,.
jalan panjang menuju langit biruu..

Selasa, 26 Juni 2012

Trip to Gili Labak (September 2011)

Gili Labak --> pulau nan indah di seberang pulau jawa,...kemarin September 2011 aku dan keluarga jalan-jalan dalam rangka lebaran,..hehe,.kyaknya di keluargaku hukumnya wajib buat beribur setelah lebaran. walopun uda cukup lama taun kemarin, tapi rasanya masih teringat beningnya air laut disana. Pulau yang ada di dekat Madura ini luasnya ngk lebih luas dari lapangan Mandala Krida di jogja,..aku aja kemarin sempat jalan mengitari pulau sama ibukku,.walopun ngk luas banget, tapi udah ada rumah penduduknya yang dari batu bata,.waw,.ngktau deh cara bawa batu bata (dll) kesana. aku dan keluargaku ke pulau gili labak, perjalanan dari madura naik perahu nelayan yang lumayan lah, cukup buat nampung 7 orang klg ku sama kondektur kapalnya (hhe, namanya apa ya??). Nyarter buat bolak balik gili labak-madura, waktu itu habis brapa ya? kalo ngk salah sih, Rp 600-700rb an,..

ini Gili labak dari kejauhan:


Ada sedikit info nih tentang Gili labak :

(sumber: ttp://www.ppk-kp3k.kkp.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=109 )

Pulau Gili Labak hanyalah kecil yang luasnya tak lebih dari 5 hektare. Kondisi pulau ini serba terbatas. Sumber air bersih tak ada, tanahnya lumayan gersang. Bagaimana warga pulau ini memenuhi kebutuhan hidupnya?
 
Beli Beras ke Daratan, Ambil Air Bersih di Pulau Lain 
 
DATA di Dusun Lembana, jumlah penduduk di Pulau Gili Labak hanya 35 kepala keluarga (KK) atau 105 jiwa. Rinciannya, perempuan 58 orang dan laki-laki hanya 36 orang. Sedangkan sisanya sembilan warga masih anak-anak.
 
Secara geografis, Gili Labak masih bagian dari Pulau Poteran, Kec Talango. Pulau seluas sekitar 5 hektare itu masuk wilayah RT 05/RW 03 Dusun Lembana, Desa Kombang, Kec Talango.

Warga setempat menyebutkan luas Gili Labakhanya sebatang rokok. Sebab, waktu untuk mengelilingi pulau hanya menghabiskan sebatang rokok. Atau hanya sekitar 15 menit jika berkeliling melewati pantai.
 
Sumber penghasilan warga pulau yang membujur ke arah selatan dan utara itu bertumpu pada laut. Maklum saja, pulau kecil ini dikelilingi laut, sedangkan tanah untuk lahan pertanian hanya sedikit dan gersang.
 
Meski ada lahan pertanian, tanahnya tidak subur. Saat koran ini menngunjungi pulau itu, pohon yang tumbuh dapat dihitung dengan jari. Hanya pohon kelapa dan ketela saja yang bisa tumbuh di sana.
  
"Alhamdulillah, rasa solidaritas dan sosial warga masih tinggi. Jika ada warga yang menitipkan jeriken untuk diisi air, warga sama sekali tidak keberatan," kata Jais, warga setempat.
  
Karena itu, saat musim hujan warga menyediakan wadah besar untuk menadah air hujan dari talangan rumah. Tiap rumah di Gili Labak dipastikan dipasangi talangan dan wadah besar untuk menampung air hujan.

Hanya, listrik tidak menjangkau pulau tersebut. Listrik dari tenaga diesel juga tidak ada. Sejumlah warga hanya menggunakan tenaga surya sebagai tenaga listrik. Namun listrik dari tenaga matahari itu tidak sebanding dengan kebutuhan warga. Listik hanya bisadigunakan pada malam hari.
 
Kepala Dusun Lembana Hadis mengakui kondisi Gili Labak serba terbatas. Warga kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan pokok.
 
"Maklum lah, namanya saja pulau dikelilingi pantai, jadi serba terbatas. Trasportasi daratnya saja tidak ada. Hanya sepeda kecil untuk mainan anak-anak," katanya lalu tersenyum. "Begitu obat-obatan, mereka kesulitan," sambungnya. 
 
sumber : jawapos.co.id 

2 komentar:

  1. Yuukkk join di trip kami ke Gili Labak tgl. 12 - 13 Desember 2015. Kouta terbatas !!!!

    Gili Labak merupakan pulau kecil yang memiliki ombak yang sangat tenang, dengan pemandangan bawah laiu yang sangat indah, sehingga cocok untuk senorkeling.

    Include :
    1. Transport PP ( Elf Long JetBus MC )
    2. Perlengkapan Snorkeling
    3. Perahu kalianget - Gili labak PP
    4. Makan 1x
    5. Dokumentasi ( Underwater & Upwater )
    6. Rest Area
    7. Tour leader
    8. Toll Suramadu, parkir & retribusi

    Biaya hanya : 250.000 /Orang
    Booking DP : 125.000 /Orang

    Kami memberikan kenyamanan, tidak hanya harga murah tapi dengan pengurangan fasilitas.

    Meeting point :
    Sidoarjo ( Depan RSUD Delta Surya )
    Surabaya ( Depan Stasiun Gubeng Baru )


    Kalian yang memiliki jadwal sendiri?
    Atau punya jadwal trip group sendiri ?
    Silahkan konsultasi dengan kami, kami siap membantu dengan senang hati Isi seat yang masih kosong, liburan kalian di jamin gak boring, murah sudah include all service lagi yukk

    FOR RESERVATION 
    Halo Indonesia Tour & Travel
    Hotline 24 Hours : 081235618281 / 085730077308
    Whatsapp : 085730077308
    Pin BB : 54E0B852 / 7ECC7D00
    Email : halo.indonesia@gmail.com
    Website : www.halo-indonesia.com
    Address : P. Sidokare ASri QQ.2, Siadoarjo - Jawa TimurAnda bisa menghubungi kami melalui SMS, BBM, WA, Tlp, email semua 24 jam

    BalasHapus